Minggu, 01 Maret 2015

1.      

      Berikt pengertiannya ;

      Tipe Data dan Variabel
a.       Tipe data
Tipe Data Primitif Bahasa pemrograman  Java mendefinisikan delapan  tipe data primitif. Mereka diantaranya adalah boolean  (untuk bentuk  logika), char  (untuk bentuk  tekstual), byte, short,  int,  long (integral), double and float (floating point).
b.      Variabel
Variabel adalah item yang digunakan data untuk menyimpan pernyataan objek.  Variabel  memiliki  tipe  data  dan  nama.  Tipe  data  menandakan  tipe  nilai  yang  dapat dibentuk oleh variabel itu sendiri. Nama variabel harus mengikuti aturan untuk identifier.
Berikut Aturan penamaan variable :
- Diawali dengan 
- huruf/abjad 
- karakter mata uang 
- underscore ( _ )
- Terdiri dari huruf/abjad, angka dan underscore
- Tidak boleh mengandung karakter khusus atau spasi 
- Tidak boleh diawali dengan angka  


2.       Statement if dan case
a.       Statement if
Pernyataan if akan menentukan sebuah pernyataan (atau blok kode) yang akan eksekusi jika dan hanya jika persyaratan bernilai benar(true). 
b.      Statement if-else
Pernyataan  if-else  digunakan  apabila  kita  ingin  mengeksekusi  beberapa  pernyataan dengan kondisi true dan pernyataan yang lain dengan kondisi false. 
c.       Statement switch
Cara  lain  untuk  membuat  cabang  adalah  dengan  menggunakan  kata  kunci  switch. Switch  mengkonstruksikan cabang untuk beberapa kondisi dari nilai
Switch_expression  adalah  ekspresi  integer  atau  karakter  dan  case_selector1, case_selector2    dan  seterusnya    adalah    konstanta    unik  dari  nilai    integer  atau karakter.

3.       Perulangan
Pengulangan adalah berupa pernyataan dari Java yang mengijinkan kita untuk mengeksekusi  blok    code   berulang-ulang  sesuai  dengan  jumlah  tertentu  yang diinginkan.   Ada   tiga   macam   jenis   dari  struktur pengulangan yaitu while, do-while, dan for-loops.
a.       while loop
Pernyataan while loop adalah pernyataan atau blok pernyataan yang diulang-ulang sampai mencapai kondisi yang cocok. Pernyataan  di  dalam  while  loop  akan  dieksekusi  berulang-ulang  selama  kondisi boolean_expression bernilai benar (true).
b.      do-while loop
Do-while    loop    mirip     dengan    while-loop.     Pernyataan    di    dalam     do-while    loop   akan dieksekusi beberapa kali selama kondisi bernilai benar(true).  Perbedaan antara while dan do-while  loop  adalah dimana pernyataan di dalam do-while loop akan dieksekusi sedikitnya satu kali. Perbedaan antara while dan do-while  loop  adalah dimana pernyataan di dalam do-while loop akan dieksekusi sedikitnya satu kali.  Pernyataan di dalam  do-while  loop  akan  dieksekusi  pertama  kali,  dan  akan  dievaluasi kondisi   dari   boolean_expression.  Jika   nilai pada boolean_expression tersebut   bernilai true, pernyataan di dalam dowhile loop akan dieksekusi lagi.
c.       for loop
Pernyataan  for  loop  memiliki  kondisi  hampir  mirip  seperti  struktur  pengulangan sebelumnya  yaitu  melakukan  pengulangan  untuk  mengeksekusi  kode  yang  sama sebanyak jumlah yang telah ditentukan.

4.       Array
Array adalah suatu type data yang  mampu diisi dengan lebih dari satu nilai. Dan untuk  pengaksesan nilai pada array ini digunakan indeks atau berdasarkan letak nilai tersebut pada array. Yang harus anda perhatikan adalah bahwa data yang berada dalam suatu array mempunyai tipe yang sama. 
a.       Array satu dimensi
Yaitu array yang hanya mempunyai 1 baris yang didalamnya terdapat data yang mempunyai type sama. Atau dapat diartikan sejumlah data yang ditampung oleh suatu variable yang mempunyai type yang sama dalam satu baris dan satu kolom.

                          

0 komentar:

Posting Komentar