Minggu, 01 Maret 2015

Dalam dunia pemrograman kata method sangatlah tidak asing, maka saya akan memposting sedikit banyak pengertian tentang method agar kita sama - sama mengerti.

Method atau fungsi dalam java adalah suatu cara untuk memecah program menjadi beberapa bagian, sehingga ketika mengerjakan program tersebut bisa dilakukan pembagian tugas kepada beberapa orang. Ketika kita sudah mendevelop program dalam sekala besar maka kita perlu menggunakan yang namanya method.


Kita bisa  menuliskan  fungsi atau  method dengan beberapa cara, dan  method juga mempunyai beberapa macam tipe yaitu : void , string , double , intege. Dari beberapa tipe method tersebut semua harus mempunya nilai kembalian (return typedata) kecuali method yang bertipe void.

Dalam beberapa kasus kita membutuhkan suatu method yang mempunyai nilai kembalian, misalnya untuk penanganan proses tertentu yang membutuhkan sebuah nilai untuk digunakan proses selanjutnya, missal ingin menghitung bangun seperti tabung, kerucut dimana kedua bangun tersebut mengandung lingkaran, maka penanganan perhitungan lingkaran bisa ditangan oleh satu method dengan nilai kembalian, kemudian hasil perhitungan lingkaran digunakan untuk menghitung volume tabung dan kerucut.

Berikut ini cara untuk menuliskan fungsi/method :
1.      Methode yang tidak mempunyai parameter.

void hitung( ) {
// perintah yang dikerjakan
}
2.      
     Methode yang mempunyai parameter.
void hitung2(int a, int t ) {
// perintah yang dikerjakan
}





Contoh :
1.      Methode yang mempunyai parameter.

Outputnya :




  
2.      Methode yang tidak mempunyai parameter.


Outputnya :


Dapat kalian perhatikan bahwa program 1 yang menggunaka fungsi, proses yang berjalan bisa lebih satu kali, yaitu kita bisa melakukan pemanggilan fungsi tersebut secara berulang dengan nilai angka yang parameter faktorialnya dapat diubah dengan lebih dinamis. Berbeda dengan program “b” yang tidak menggunakan fungsi, maka proses yang berjalan hanya sekali dan angka yang dihitung nilai faktorialnya cenderung statis.

0 komentar:

Posting Komentar