Selasa, 23 September 2014


SISTEM INFORMASI RENTAL VCD/DVD

Sistem informasi adalah suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan  yang diperlukan.
System informasi penyewaan kaset VCD merupakan suatu system aplikasi yang digunakan untuk memberikan kemudahan dalam melakukan proses pengolahan data dan transaksi pada sebuah rental VCD. Selain member kemudahan kepada pihak rental, pelanggan juga dapat menikmati kemudahan program aplikasi dengen menggunakan fasilitas pencarian VCD/DVD untukmencari  VCD/DVD yang akan dipinjam.
Rancangan table suatu system disertakan dengan ERD, tujuan dari pembangunan sistem. Sistem Kerja penyewaan VCD, Dimana Tabel Atribut dari setiap entitasnya adalah:
Gambarantitas++++++++
Model Diagram ERD SistemInformasi Rental VCD:
Gambarrelasi+++++++++

DISKRIPSI SISTEM INFORMASI RENTAL VIDEO
Model Diagram yang ditunjukkan di atas merupakan contoh gambaran Entity Relation Diagram (ERD) Sistem Informasi Rental VCD.
Dari model ERD di atas terdapat 3 entity penting dari model diagram yaitu:
1.      Pelanggan
Secara umum memiliki attribute ID_PELANGGAN, NAMA_PELANGGAN, ALAMAT_TELEPON.
2.      Peminjaman
Secara umum memiliki atribut NO_TRANSAKSI, ID_PELANGGAN, TGL_PINJAM, TGL_KEMBALI.
3.      VCD
Secara umum memiliki atribut ID_FILM, JUDUL_FILM, DISK, HARGA_SEWA, STOK.
4.      Secara umum memiliki attribute NO_PENGEMBALIAN, NO_TRANSAKSI, ID_PELANGGAN, TGL_PINJAM, TGL_KEMBALI, DENDA.

Dan terdapat 2 transaksi yang yang dihasilkan, yaitu :
1.      Peminjaman
Dari proses Peminjaman initer dapat hubungan yang menampilkan antara NO_TRANSAKSI (Peminjaman) dengan ID_PELANGGAN (Pelanggan).
2.      Pengembalian
Dari proses pengembalian ini terdapat hubungan yang menampilkan Antara NO_TRANSAKSI (Peminjaman_Detail) dengan NO_PELANGGAN (Pelanggan).


            Dari seluruh proses yang terjadidalam ERD diatas dimungkinkan mampu membentuk suatu system informasi dasar darisuatu rental video yang mampu menangani dan memberikan kemudahan dari semua elemen /entity dasar dari suatu rental VCD.
            Tujuan dari pembangunan system adalah untuk pemodelan data utama dan akan membantu mengorganisasikan data dalam suatu proyek kedalam entitas – entitas dan menentukan hubungan antara entitas beserta atribut – attributnya .

DAFTAR PUSTAKA

0 komentar:

Posting Komentar