Jumat, 29 November 2013

Coban Rais memiliki ketinggian terjunan sekitar 20 m dan merupakan salah satu obyek wisata air terjun di kota Batu. Coban ini berada di ketinggian sekitar 1025 m dpl di lereng Gunung Panderman.  Dulunya coban ini bernama Coban Sabrangan yang berarti jika hendak ke coban ini harus menyebrang 14 sungai.
Lokasi

Terletak di Dusun Dresel, Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu, Kota Batu, Propinsi Jawa Timur.

Peta dan Koordinat GPS:  7° 58' 1.55" S  112° 30' 1.23" E

Aksesbilitas

Berjarak 7 km dari kota Batu atau ± 3,5 Km dari bumi perkemahan Coban Rais.  Jika dari Terminal Batu arahkan kendaraan langsung menuju arah Studio Batu TV di desa Dresel.   Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan menyusuri jalan setapak yang relatif landai, melewati hutan dan menyusuri sungai yang memakan waktu sekitar 30 menit.  didalam perjalan anda akan menemukan persimpangan, pilih sebelah kanan dan

Bagi yang menggunakan kendaraan umum dari kota Malang naik Al atau ADL dan turun di terminal Landung sari.  Selanjutnya berganti kendaraan dengan naik Mikrolet jurusan Malang- Batu lewat Oro-oro Ombo
. Setelah bertemu kami pun langsung Naik Mikrolet jurusan Malang-Batu lewat Oro-oro Ombo. suasana riang di mikrolet tidak bisa terlupakan sepanjang masa.
Setelah melalui jalan berkelok-kelok kami pun tiba. tapi perjalanan masih jauh, karena kami harus berjalan kaki melewati perkampungan dan lembah kira-kira 5 KM. namun semua itu tidak menyurutkan semangat kami. jalan becek dan berkelok kami lalui dengan bersendau gurau sehingga capek tidak terasa.
Jam 4 sore kami tiba di bukit perkemahan, kami pun bergegas memasang tenda, menyiapkan perapian untuk masak, dll. Saat malam tiba Pemandangan menakjubkan terpampang jelas di mata kami, hamparan kelip-kelip lampu Kota Malang berpadu dengan bintang di malam hari menambah keren dan indah pemandangan.


Tiket dan Parkir

Tiket masuk adalah Rp 3500 berikut sumbangan untuk desa.  Sedangkan tarif parkir adalah Rp 500 untuk sepeda motor.

Fasilitas dan Akomodasi

Tersedia area bumi perkemahan, toilet berjuml;ah 3 unit

0 komentar:

Posting Komentar